Cari uang di sini!

Monday, March 18, 2013

5 Langkah Capai Kerja Optimal

Kesuksesan seseorang dalam berbagai bidang ternyata dapat dicapai dengan mengikuti lima langkah dasar ini. Selain berguna meningkatkan produktivitas kinerja individu, lima langkah dasar ini juga akan membantu tim bekerja optimal.

Pakar bidang Knowledge Management, James Van Der Westhuizen, mengatakan bahwa untuk meraih keberhasilan di bidang usaha ada berbagai kompetensi yang mesti dikembangkan. Namun tanpa strategi yang tepat, kompetensi yang ingin dicapai tidak akan bisa terpenuhi.

"Harus ada strategi yang tepat untuk meraih kompetensi dan hasil yang diharapkan," kata Van Der Westhuizen saat acara Indonesian MAKE Study 2013 di Financial Hall, Graha CIMB Niaga, Jakarta, Kamis (14/3/2013).

Langkah pertama yang sebaiknya diambil adalah membuat skala prioritas yang tepat. Dengan mulai menyusun skala prioritas ini, maka seseorang dapat berkonsentrasi pada hal yang terpenting sehingga tujuan yang dicapai dapat terpenuhi sesuai dengan deadline yang ditentukan.

Selanjutnya, langkah kedua adalah berani berbagi dengan rekan kerja. Hal ini umumnya jarang dilakukan karena masing-masing orang menyusun prioritas agar terlihat menonjol bukan untuk meningkatkan kinerja tim. Akibatnya, hasil yang diharapkan tentu saja tidak akan tercapai.

"Dari kecil kita diajari untuk mengerjakan semuanya sendiri. Contohnya ujian. Namun saat bekerja itu tidak bisa seperti itu. Dalam sebuah tim, penting bekerjasama dan bukan berkompetisi dengan sesama anggota tim," jelas Van Der Westhuizen.

Langkah ketiga adalah bersiap untuk tantangan tak terduga. Dalam perjalanan sebuah pekerjaan tentu tidak akan semulus yang dibayangkan. Untuk itu, tidak ada salahnya bersiap akan kemungkinan terburuk sehingga saat itu terjadi, anda dan tim kerja sudah tahu rencana pengganti yang akan diambil untuk mengatasinya.

Kemudian langkah keempat adalah disiplin pada diri sendiri. Saat ini gangguan terbesar saat bekerja adalah keberadaan teknologi. Bukannya fokus menyelesaikan tugas, seseorang biasanya malah asyik untuk berbalas pesan di Yahoo Messenger atau membuka facebook atau malah sibuk memperbarui status di twitter.

"Jika ingin mendapat hasil optimal maka disiplin untuk tidak mengindahkan notifikasi yang masuk. Atau dimatikan saja terlebih dahulu agar produktivitas terjaga," ungkap Van Der Westhuizen.

Yang terakhir, tentu saja bekerja sesuai porsi. Keinginan untuk mencapai target yang maksimal terkadang membuat seseorang lupa untuk beristirahat atau rehat sejenak agar energi yang dibutuhkan dapat kembali lagi. Padahal terlalu keras bekerja juga dapat mengakibatkan hasil yang dicapai tidak optimal karena fisik dan otak tidak lagi mendukung sehingga tidak konsentrasi dan muncul banyak kesalahan.

"Ambil rehat sejenak. Energi tidak bisa dieksploitasi berlebihan. Efeknya justru tidak baik bagi anda dan tim," tandasnya.
(Kompas.com - 18 Maret 2013)
Powered by Telkomsel BlackBerry®

No comments:

Related Posts with Thumbnails

My play list


Get a playlist! Standalone player Get Ringtones