Sunday, December 14, 2008

BAGAIMANA MENJAJAKI KARIR?


RAMUAN UNTUK MENJAJAKI KARIER

Membuat tujuan dalam bekerja merupakan salah satu bumbuynag diperlukan untuk terus memompa semangat. Seperti yang sering dikatakan, memiliki ambisi diperlukan untuk menuai kesuksesan, namun jangan sampai ambisius tinggi yang memegang peranan. Lakukan dengan cara benar dan tepat sasaran.

Setiap langkah kesuksesan bisa diperoleh dengan cara yang berbeda-beda oleh setiap orang. Namun patut dipahami bahwa ada beberapa nilai dan tahapan yang akan memberi nilai plus bagi anda dan pada akhirnya mendatangkan kesuksesan dalam berkarier, antara lain:

1. Kejujuran

Bidang pekerjaan apapun membutuhkan nilai kejujuran tinggi, terlebih jika bidang pekerjaan anda menyangkut masalah keuangan. Korupsi dalam skala terkecil, sekalipun adalah bentuk ketidakjujuran yang lama kelamaan akan berkembang ke hal yang lebih besar. Kejujuran ini menjadi dasar dalam segala hal, baik dalam bekerja, hubungan dengan atasan, maupun rekan kerja.

2. Kenalilah kelemahan dan kekuatan yang dimiliki.

Hal ini akan membantu anda untuk memetakan diri dan menentukan bidang pekerjaan yang paling tepat dan sesuai dengan kompetensi yang dimiliki.

3. Berani menghadapi tantangan.

Meski mengetahui kelemahan diri sendiri, bukan berarti anda harus menjauhi pekerjaan yang sama sekali baru atau pekerjaan yang lebih menantang dengan tanggung jawab yang lebih besar. Justru di sinilah tantangan yang harus dijalani untuk menguji ilmu maupun kemamouan yang telah anda miliki. Di sisi lain, hal ini pun membuktikan anda memiliki satu kelebihan yang dianggap mampu oleh atasan untuk menjalani dan merupakan salah satu bentuk pencapaian dalam berkarier.

4. Selalu belajar

Saat sudah memegang posisi tertentu dengan tanggung jawab yang lebih tinggi, jangan pernah usai untuk terus mengembangkan diri dan belajar. Karena hal hal ini pulalah yang akan mengantarkan anda untuk terus meniti tangga karier selanjutnya. Lagipula, semakin banyak pengetahuan yang dimiliki juga semakin membantu anda dalam mengemban tugas.

5. Membangun jejaring

Membuat jejaring komunikasi bisa dilakukan dalam berbagai kesempatan, baik di internal kantor maupun eksternal, seperti training, seminar, dan masih banyak lagi. Anda bisa belajar banyak dari mereka dan tak ada yang tahu jika suatu hari nanti justru di antara kenalan anda itulah yang akan menghantarakan anda menuju tanggal selanjutnya. (ADT/Kompas/Klasika/7/12/2008).

No comments:

Related Posts with Thumbnails