Friday, December 12, 2008

BEKERJA EFEKTIF DI KANTOR


Seorang karyawan tentunya dituntut bertanggung jawab memberikan hasil yang baik dalam mengerjakan tugas-tugas yang diperintahkan. Hasil yang baik memerlukan ketelatenan dan konsenterasi yang baik pula pada proses pengerjaannya. Namun, adakalanya muncul hambatan yang datang di saat anda sedang serius bekerja. Kiat-kiat berikut diharapkan dapat membantu anda agar bekerja lebih efektif.

Pertama, aturlah pekerjaan anda berdasarkan skala prioritas. Seringkali anda bekerja menurut apa yang anda suka, bukan menurut apa yang anda butuhkan.Ingat, setiap pekerjaan memiliki beban dan tanggung jawab yang berbeda pula. Maka pilihlah pekerjaan yang lebih penting dan mendesak agar selalu didahulukan.

Kedua, bagi yang memiliki jaringan internet di kantor, hindarilah mengaktifkan fasilitas seperti chatting pada saat bekerja. Selain dapat mengganggu konsentrasi, hal ini dapat membuat durasi pengerjaan tugas menjadi lebih panjang dari biasanya.

Ketiga, tidak ada salahnya untuk mengaktifkan nada getar pada ponsel atau menonaktifkan untuk sementara ponsel hingga tugas anda selesai. Semua ini akan membuat anda benar-benar fokus dalam bekerja. Kecuali pekerjaan anda memang menuntut anda untuk selalu bergerak dan mudah dihubungi.

Keempat, tanpa anda sadari pekerjaan sering terabaikan karena rekan kantor yang datang tiba-tiba mengajak berbincang-bincang. Hal ini akan membuat anda akan asyik membicarakan hal tersebut lupa pada pekerjaan. Salah satu solusinya adalah, berilah pengertian kepada teman, bahwa anda memiliki pekerjaan yang harus diselesaikan sehingga anda tak ingin diganggu terlebih dahulu sampai pekerjaan anda benar-benar selesai.

Kelima, usahakan jangan terlalu banyak camilan di atas mejakerja anda. Sebab, terlalu banyak memakan camilan dikhawatirkan akan membuat anda mengantuk. Cukup segelas teh atau kopi hangat saja sebagai pendamping setia saat anda bekerja.
Terakhir, setelah pekerjaan anda selesai dengan efektif, segeralah istirahatkan diri anda. Ingat, tubuh dan pikiran anda memerlukan waktu untuk istirahat juga. Tanpa istirahat yang cukup, pekerjaan anda yang berikutnya pun bisa tidak akan terselesaikan dengan efektif juga. (INO/Kompas/ Klasika/30/11/2008)

No comments:

Related Posts with Thumbnails