Wednesday, December 03, 2008

KETIKA HARI WAWANCARA TIBA


KETIKA HARI WAWANCARA TIBA

Dalam Beberapa tahapan seleksi penerimaan karyawan baru, biasanya diawali dengan aneka tes tertulis dan psikotes. Jika berhasil lolos dalam tahapan tersebut, maka selanjutnya calon karyawan akan dihadapkan pada wawancara atau interview dengan calon bos atau pejabat terkait.

Di tahapan inilah, biasanya terlihat kepribadian si calon karyawan secara umum. Terlihat pula bagaimana sikapnya ketika menghadapi orang, bagaimana caranya memandang sesuatu, bagaimana ia menghadapi sesuatu masalah, dan banyak hal lainnya.

Oleh sebab itu, tak heran bila proses ini sering kali dianggap sebagai faktor penentu diterima tidaknya ia di perusahaan yang bersangkutan.

Mengingat proses ini cukup penting, ada beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain:
Gunakanlah busana yang sopan namun tetap menarik. Tak dapat disangkal bila penampilan yang sopan dan menarik bisa menimbulkan kesan pertama yang positif. Selain itu orang pun akan merasa lebih dihargai jika anda menemui mereka dengan kemeja, blazer, dasi, serta rok atau celana berbahan kain ketimbang kaus kerah plus celana jeans.
Ada baiknya jika anda berdandan secara natural dalam arti tidak menor dan berlebihan. Hindari pula dpakaian dengan warna yang seronok dan menyilaukan mata. Pilih saja pakaian kerja dengan warna-warna yang netral seperti hitam, putih, abu-abu, biru atau coklat.
Saat proses wawancara berlangsung, duduklah dengan sopan, kaki rapat, dan dada tegak. Hindari sikap tubuh membungkuk atau loyo.
Dalam menjawab pertanyaan, bicaralah secara tegas dengan intonasi yang sedang namun mantap. Tunjukkan optimisme anda dalam menghadapi kendala yang mungkin muncul dalam bidang diminati. Ingatlah, dari cara bicara pun bisa terlihat kepribadian dan keseriusan anda terhadap pekerjaan.
Dalam berbicara, biasakanlah menatap mata orang yang bersangkutan. Hindari kebiasaan ‘belanja’ mata.

Dengan penampilan, sikap tubuh, dan cara bicara yang sopan, plus IPK, CV dan pengalaman kerja yang memuaskan, yakinlah bahwa anda dapat bekerja di perusahaan yang diinginkan. (AYA-Kompas Klasika Minggu 15 Juni 2008)

No comments:

Related Posts with Thumbnails