Monday, April 24, 2006

MANUSIA DAN RELASI

MANUSIA DAN RELASI

Manusia menuai problem karena relasi dengan diri sendiri, orang lain dan dunia sekitarnya. Pemecahan masalah manusia pula sesungguhnya berintikan pada perubahan menuju perbaikan relasi dengan diri sendiri, orang lain dan dunia.

Dalam pendidikan, sesungguhnya bila dikatakan pembelajaran berbasis kompetensi berarti berpusat pada cura personalis. Cura personalis adalah perhatian pada manusia sebagai pribadi. Itu berarti ia berkaitan dengan relasi.

Pada hakekatnya relasi antar manusia seyogiyanya bukan relasi subyek-obyek, atau mengobyekkan manusia yang lain, tetapi relasi dimana antar manusia secara bersama-sama bertumbuhkembang (relasi subyek-subyek).

Dalam bertumbuhkembang kita membangun dulu relasi dengan diri sendiri. Memang tahu bahwa relasi merupakan inti pertumbuhkembangan, tapi belum tentu gampang melaksanakannya. Memang orang dapat menuai masalah karena relasi tetapi dapat pula sembuh karena relasi.

Maka hal yang penting dalam membentuk atau menumbuhkembangkan diri adalah perbaikan relasi dengan diri sendiri, orang lain dan dunia sekitar.*

(Sumber: dari bahan kuliah Konseling, Limas Sutanto, dosen STFT Widya Sasana Malang)

No comments:

Related Posts with Thumbnails