Wednesday, April 26, 2006

"CONTINUAL IMPROVEMENT"

"CONTINUAL IMPROVEMENT"

Pembentukan diri adalah proses tumbuh kembang diri dalam segala bidang berdasarkan interaksi dan relasi kita dengan diri kita, orang lain dan dunia sekitar kita. Interaksi dan relasi kita entah dalam bentuk sekecil apa pun akan turut ambil bagian dalam peroses itu.

Proses tumbuh kembang merupakan upaya yang dapat kita lakukan sendiri atau dengan bantuan orang lain. Untuk itulah, sekecil apapun bentuk pengalaman atau peristiwa hidup dan dunia sekitar kita turut berinteraksi dan berbicara kepada diri kita. Everything speaks to us, segala sesuatu berbicara kepada kita, namun apakah kita mendengar dan menanggapinya.

Jalan terbaik pada pembentukan diri kita sendiri dan oleh kita sendiri adalah melalui perbaikan kecil secara terus menerus. It seems insignificantly, but it must be continual and neverending. Kelihatannya kecil dan remeh, tetapi ia harus terus menerus dan tidak pernah berakhir.

Menjadi penting bagi setiap orang agar menyiapkan mentalnya dengan disposisi batin perlunya perbaikan kecil secara terus menerus. Setiap orang hendaknya terarah kepada perbaikan-perbaikan kecil dalam diri sendiri, orang lain dan dunia sekitar. Dengan demikian proses tumbuh kembang sedikit demi sedikit akan menjadi bukit. Dengan kata lain kehidupan itu sendiri akan menjadi lebih baik. The longer and the old we are will be wiser according to values we live. Semakin lama dan tua kita semakin bijaksana sesuai dengan nilai-nilai universal yang kita yakini.

Sumber: bahan-bahan kuliah Konseling, dosen, Limas Sutanto, ketika saya masih kuliah di STFT Widya Sasana Malang.

No comments:

Related Posts with Thumbnails