Monday, May 15, 2006

BANTUAN METODE CARKHUFF (sambungan)

BANTUAN METODE CARKHUFF (sambungan)

B. Lima Sikap Dasar dalam Metode Carkhuff

Ketiga tahap proses belajar menuju pertumbuhan pribadi pada bagian (a) dapat terlaksana dengan tepat dan lancar kalau didasari dengan 5 sikap dasar. Kelima sikap dasar tersebut adalah seperti di bawah ini.

(1) Sikap Empatik
Sikap empatik merupakan kemampuan merasakan dan mengerti dengan tepat apa yang saya alami dan saya rasakan, dan dengan jelas dapat mengungkapkan pengertian itu. Bila Lidia merasa sedih atau tidak bisa dengan tepat mengungkapkan apa yang ia rasakan, misalnya ia hanya mengatakan, “Saya tidak enak dengan teman-teman”, ia tidak dapat menyelidiki diri.

(2) Sikap Otentik
Otentik berarti orisinil, asli. Orang yang bersikap otentik berarti orang yang mau dengan jujur dan terbuka mengungkapkan apa yang sesungguhnya ada dalam dirinya. Tidak menutup-nutupi karena mungkin keadaannya jelek atau memalukan. Bila Lidia tidak mau dengan jujur mengakui bahwa dirinya disingkiri teman-temannya karena egoistis, tetapi mengatakan, “Teman-teman menyingkiri saya karena mereka sombong”, maka proses belajar menjadi mandek.

(3) Sikap Respek
Respek berarti hormat atau menghargai. Sikap respek terhadap diri berarti mau menerima diri apa adanya dengan penuh kasih karena sadar, bahwa seperti apapun keadaannya, diri saya tetap bernilai dan memiliki kemampuan untuk berkembang menjadi lebih baik. Bila setelah merasakan dirinya disingkiri oleh teman-temannya, Lidia merasa dirinya tak berharga kemudian malah semakin menyendiri, maka dalam pergaulan Lidia tak akan bertumbuh kembang.

(4) Sikap Konfrontasi
Konfrontasi berarti saling berhadapan atau bertatapan. Sikap konfrontasi terhadap diri berarti mau mencari kekurangan-kekurangan diri dan menyadari secara penuh kekurangan-kekurangannya itu sebagai miliknya. Bila Lidia malas tidak mau menemukan bahwa dirinya egoistis atau tidak mengakui itu sebagai kekurangannya karena jelek, maka dalam pergaulan ia tidak akan tumbuh dan berkembang.

(5) Sikap Perwujudan Diri
Sikap ini boleh dirumuskan sebagai semangat bertumbuh kembang. Sikap ini pada dasarnya merupakan sikap mau mengejar dengan penuh semangat perwujudan diri yang semakin sempurna.Dalam sikap ini termuat suatu kemauan besar untuk maju, untuk mencapai realisasi diri yang semakin penuh. Bila Lidia tidak berminat untuk maju dalam pergaulan maka tidak akan melaksnakan prosesbelajar atau mungkin hanya sampai pada tahap mempribadikan dan enggan mengambil langkah nyata.

No comments:

Related Posts with Thumbnails