Monday, April 24, 2006

MEMBENTUK DIRI (SELF FORMATION)

MEMBENTUK DIRI (SELF FORMATION)

Pengantar
Globalisasi bukan tidak mungkin dapat menghilangkan identitas pribadi, komunitas atau bahkan bangsa dan negara dalam tataran yang lebih luas. Untuk itu sebuah landasan filosofis dan teologis tentang tumbuh kembang pribadi manusia dibutuhkan. Landasan filsosofis dan teologis dapat memberikan berbagai pandangan yang lebih kompleks dan dalam perkembangan globalisasi sekarang ini. Meskipun kompleks pasti ada prinsip-prinsip yang harus dipegang seperti yang termaktub dalam karya tulis ini.

Demikian pula, berangkat dari pengalaman hidup sehari-hari, perjalanan hidup kita berawal dari satu titik (kelahiran) menuju ke titik akhir (kematian). Selama perjalanan hidup, kita tidak menyadari bahwa semua pengalaman dan peristiwa hidup yang kita alami merupakan unsur-unsur yang membangun atau merusak pembentukan diri kita (self formation).

Persoalannya adalah tidak semua orang menyadarinya. Kadangkala semua peristiwa atau pengalaman hidup kita disadari atau tidak biasanya berlalu begitu saja. Dalam tulisan “pembentukan diri” (SELF FORMATION) ini, saya coba menggagas ide pembentukan diri secara holistik yang dapat dipraktekkan oleh setiap orang secara sendiri dan mandiri

Selamat membaca dan menikmati.

No comments:

Related Posts with Thumbnails