Monday, November 24, 2014

Anda mesti membangun kepercayaan itu dengan kemampuan professional Anda

Banyak yang merasa kehadirannya tidak diperhitungkan. Padahal, kita bisa bekerja lebih baik jika kehadiran kita dianggap kan? Kalau orang-orang penting itu nggak nganggep kita, ngapain juga kerja keras kan?
 
Ya nggak begitu juga kalee. Sikap seperti itu justru membuat kita semakin tidak dikenali. Kita, mesti membantu orang lain tahu kemampuan bagus yang kita miliki.
 
Masih ingat cerita Celine Dion tentang Josh Groban yang saya sampaikan? Sekarang, saya akan menceritakan kisah itu dari sudut pandang Josh Groban sendiri. Josh mengaku sangat grogi sekali, sehingga malah terpaku dibelakang panggung tanpa ada orang yang mengenalinya.
 
Panitia riweuh menantikan Josh. "Dimana dia? Dimana dia?" demikian mereka saling bertanya. Padahal, orangnya ya ada disitu.

"Saya Josh. Saya sudah disini sejak 30 menit yang lalu…." Mereka bilang; "YYYOU?" Nada yang bukan sekedar tidak percaya, tetapi mempertanyakan apa iya dia bisa menyanyikan bagian Andrea Bocelli.
 
Boss akan meragukan Anda juga, jika dia tidak mengenali kemampuan Anda. Seperti mereka yang ketika itu belum mengenal Josh Groban. Salahkan mereka? Tidak. Mereka bertindak professional, sehingga tidak kepada sembarang orang tugas penting diberikan.
 
Maka, kalau boss besar Anda memandang sebelah mata; itu bukan salah dia. Tapi karena beliau belum mengenal siapa Anda sebenarnya. Tugas Anda adalah untuk memperlihatkan kepadanya bahwa Anda layak mendapatkan kepercayaannya.

Setiap hari, Anda mesti membangun kepercayaan itu dengan kemampuan professional Anda. In sya Allah, keberadaan Anda akan diperhitungkannya.
 
Makanya, kemampuan itu mesti diasah terus melalui berbagai macam cara. Termasuk pelatihan dan kegiatan pengembangan lainnya. Jangan sia-siakan jika kantor Anda mengadakan pembelajaran apapun. Malahan, Anda bisa mengusulkan trainer yang menurut pendapat Anda mampu memberikan tambahan referensi berharga.  
 
Salam hormat,
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman   
Author, Trainer, and Public Speaker

Powered by Telkomsel BlackBerry®

No comments:

Related Posts with Thumbnails