Sunday, November 30, 2014

Pentingnya Sikap, selain Skill

Sebagai seorang trainer, saya menemukan banyak karyawan yang frustrasi dengan karirnya. Galau mereka.

Hasil kerjanya hebat. Terampil dalam pekerjaan. Punya segudang pengalaman. Tapi karirnya, kesalip terus oleh orang lain; bahkan oleh anak kemarin sore. Sehingga perilaku mereka pun semakin memburuk. Kebayang kan, 'sakitnya tuch disini….'
 
Faktanya, Skill bukanlah aspek Nomor 1 dalam perkembangan karir seseorang. Melainkan Attitude alias sikap. Keterampilan kerja kita boleh sangat istimewa, tapi kalau sikap kita buruk; maka karir kita tidak akan pernah bisa berkembang.
 
Pertanyaannya adalah; apakah sikap buruk yang membuat karir kita memburuk? Ataukah karir kita yang buruklah yang justru membuat sikap kita menjadi buruk? Terserah sajalah, mau salah satu atau dua-duanya; gak soal.
 
Yang penting mah ini; pastikan saja sikap Anda dikantor baik. Supaya setiap orang yang berinteraksi dengan Anda merasakan perilaku baik Anda. Karena orang lain, menilai Anda bukan dari keterampilan kerja Anda. Melainkan perilaku Anda.
 
Jika orang lain tidak memilih kita, mungkin itu bukan karena mereka tidak mengakui kompetensi kita. Melainkan karena kita tidak memoles kompetensi itu dengan sikap baik yang tercemin dalam perilaku kita saat berinteraksi dengan mereka.
 
Memang, kadang ada kejadian yang memancing kita untuk bersikap negatif. Tapi, Anda mesti konsisten dengan sikap yang baik itu. Sebab, hanya dibutuhkan setetes noda saja kok untuk mengotori kain yang putih. Makanya, hindari bereaksi secara negatif.
 
Anda, bisa mencari penguatan jika diperlukan. Atau usulkan pada perusahaan untuk sekali-kali mengadakan pelatihan sikap mental positif. Agar energy positif didalam diri Anda, senantiasa terjaga. Siapa trainernya? Terserah Anda saja.
 
Salam hormat,
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman   
Author, Trainer, and Public Speaker

Powered by Telkomsel BlackBerry®

No comments:

Related Posts with Thumbnails