Wednesday, November 12, 2014

Menyiapkan Masa Pensiun

Setiap orang ingin mendapatkan kecukupan. Itu pastilah. Karena, hidup berkecukupan memberikan ketenteraman. Stress kita kalau kekurangan kan.

Selama mendapat penghasilan rutin, nggak jadi masalah. Meski nggak berlimpah, minimal ada yang diharapkan. Itulah enaknya menjadi karyawan.

Masalahnya, masa produktif kita dibatasi hingga usia 55. Padahal, hidup kita mungkin bisa lebih lama. Pertanyaannya adalah; apakah 'hasil kerja' selama ini bisa mencukupi sisa perjalanan hidup kita?

Jika gaji Anda puluhan atau ratusan juta, mungkin bisa. Tapi kalau penghasilan pas-pasan ya susah ya. Mau dipaksain gimana juga tetap saja megap-megap.

Tapi, ada satu hal di kantor Anda yang bisa menjadi sumber nafkah Anda sampai akhir hayat. Tahukah Anda apakah itu? Silakan catat ini; 'Keahlian Anda'.

Makanya, Anda jangan bekerja cuman buwat cari duwit. Anda mesti meniatkan untuk membangun keahlian. Meski bayarannya nggak besar, tekun aja kerja disitu. Asah kemampuan Anda. Maka akan Anda dapatkan 2 manfaat ini:

Satu, prestasi kerja Anda bakal bagus sehingga perusahaan senang pada Anda. Dan mungkin, bayaran buat Anda juga akan dinaikan kan? Perusahaan senang, Anda juga senang.

Dua, Anda bakal punya keahlian yang bisa diandalkan untuk mencari penghidupan kelak. Anda nggak akan seperti kebanyakan pensiunan yang bingung mau ngapain. Karena Anda, punya keahlian yang bisa membuat Anda tetap bisa berkarya.

Untuk itu, Anda mesti memulainya sekarang. Melatih diri dengan sepenuh hati. Bekerja dengan penuh dedikasi. Sambil terus mengasah diri. Kalau kantor Anda akan mengadakan training misalnya, Anda juga bisa mengusulkan untuk mengundang trainer yang Anda inginkan.

Salami hormat,
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman
Author, Trainer, and Public Speaker

Powered by Telkomsel BlackBerry®

No comments:

Related Posts with Thumbnails