Wednesday, November 19, 2014

Intelektualitas dan Komunikasi Pemimpin

Intelektualitas berkaitan langsung dengan komunikasi. Artinya, sebagai atasan kita mesti melatih diri agar apa yang dikomunikasikan kepada anak buah bisa diterima oleh akal sehat.

Semakin cerdas anak buah kita, semakin kritis daya pikirnya. Dan semakin besar pula kebutuhannya untuk berkomunikasi secara logis. Jika kebutuhan itu tidak terpenuhi, maka kita tidak akan mendapat dukungan mereka.

Cara pemerintah mengkomunikasikan kenaikan harga BBM, bisa menjadi contoh berharga. Saat pejabat negara bilang "Rakyat senang dengan kenaikan BBM", misalnya. Bagi orang yang memiliki intelektualitas, pernyataan ini sama sekali tidak logis.

Demikian pula ketika dipidatokan supaya harga-harga produk lain turun dengan naiknya BBM. Hal itu berbenturan dengan logika dan intelektualitas pendengarnya.

"Ah, saya kan nggak butuh dukungan anak buah. Paksain aja. Kalau nggak nurut, bisa dikasih teguran." Anda benar, jika berpikir demikian. Tapi kepemimpinan itu tidak identik dengan 'tangan besi'.

Anak buah Anda, mungkin mau saja mengikuti perintah Anda. Namun ketika Anda tidak ada, mereka meninggalkan tugasnya dengan gembira ria. Bahkan boleh jadi, mereka berdoa agar tidak jumpa lagi dengan Anda.

Sesungguhnya, berkomunikasi secara logis itu merupakan kunci keberhasilan kepemimpinan. Bahkan sekalipun Anda harus mengkomunikasikan hal yang tidak menyenangkan.

Jika Anda bisa menjelaskannya secara logis, dan membantu anak buah untuk memahaminya; maka mereka pun akan menjalankan instruksi Anda. Meskipun mereka nggak suka, tapi paham kenapa mesti begitu; maka mereka jadi mau juga.

Jelaslah bahwa kemampuan komunikasi secara logis meningkatkan efektivitas kepemimpinan kita. Dan itu merupakan skill penting yang mesti kita kuasai.

Nggak rugi kok kalau Anda terampil berkomunikasi secara logis. Jika butuh pelatihan, Anda boleh meminta pada kantor untuk mengadakan trainingnya. Dan Anda juga boleh mengusulkan siapa trainernya.

Salami hormat,
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman
Powered by Telkomsel BlackBerry®

No comments:

Related Posts with Thumbnails