Wednesday, May 10, 2006

04. KELEKATAN-KELEKATAN TIDAK TERATUR

04. KELEKATAN-KELEKATAN TIDAK TERATUR

Sejak masa kecil kita sudah mempunyai ikatan persatuan dengan keluarga, sahabat, teman dan sesama. Kasih tanpa ikatan dak dapat dimengerti. Kita juga lekat pada hak milik, negara, profesi kita dan pada sarana-sarana yang kita gunakan untuk kesuksesan hidup kita.

Kesulitan mulai timbul bila suatu kelekatan menjadi tidak teratur yaitu ketika kita menilai seseorang atau sesuatu lebih tinggi daripada kasih dan pengabdian kepada Allah. Sejauh kita mengasihi Allah di atas segala-galanya dan siap mengorbankan segala sesuatu demi kemuliaan Allah, kita tidak memiliki kelekatan-kelekatan tak teratur. Tetapi pada saat kita atau sesuatu mempesonakan kita sedemikian rupa sehingga kita tidak mempergunakannya sesuai dengan kehendak Allah, ini berarti dalam diri kita ada kelekatan-kelekatan tak teratur terhadap seseorang atau terhadap sesuatu.

05. PENGERTIAN KELIRU TENTANG SEKS

Seks merupakan sesuatu yang indah yang dianugerahkan Sang Pencipta kepada makhlukNya. Seks menjadi sesuatu daya yang kuat yang kita alami dalam diri dan hidup kita.

Daya inilah yang membuat sepasang muda-mudi jatuh cinta, saling menyerahkan diri seutuhnya dan berdua berprasetya saling mencintai selamanya. Daya ini mendorong merek untuk saling membantu memperkembangkan diri menjadi ibu dan bapak yang matang dan yang menyayangi anak mereka.

Persoalannya adalah bila daya itu dimengerti dan dihayati secara keliru, maka yang terjadi adalah adalah pengejaran kebutuhan egoistis, memburu kepuasan diri, sehingga hal ini akan merusak relasi diri dengan sendiri, orang lain dan menjauhkan diri dari Allah. Akibatnya, orang itu akhirnya jatuh pada kesepian batin dan kekecewaan yang mendalam.

Pengertian dan penghayatan seks secara keliru benar-benar menjadi penghalang bagi proses pembentukan diri menuju tumbuh kembang pribadi dewasa dan utuh.

No comments:

Related Posts with Thumbnails